Thursday, May 30, 2024

Lingua, Culture, and Education EXPO

Bahasa memiliki peran penting di era globalisasi saat ini. Sebagaimana peranan bahasa – bahasa asing seperti English, French, Spanish, Russian dan Mandarin karena telah dijadikan bahasa resmi di perserikatan bangsa – bangsa (PBB), dengan penutur bahasa yang memiliki angka cukup dominan, bahasa – bahasa asing tersebut penting dalam dunia pendidikan, teknologi dan ekonomi, sementara bahasa Jerman sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, latar belakang pentingnya bahasa Spanyol, selain sebagai bahasa perserikatan bangsa – bangsa (PBB) dan penutur kurang lebih di 22 Negara di dunia, Spanyol menrupakan salah satu Negara yang memiliki latar belakang sejarah di Maluku, sehingga kerjasama denga Spanyol bisa dirintis melalui kegiatan seperti ini. Sama halnya dengan bahasa Belanda, dimana Belanda juga memiliki sejarah panjang di Indonesia, termasuk Maluku. Latar belakang sejarah inipun dapat dijadikan potensi kerjasama Internasional melalai pengadaan kelas kursus kedua bahasa asing ini.

Bahasa asing yang disebutkan diatas telah diajarkan di Universitas Pattimura (Unpatti) mulai Maret 2017 oleh Unit Laboratorium Bahasa secara gratis bagi civitas akademika Unpatti. Bahasa Spanyol baru dimulai pada Oktober 2017. Pelaksanaan kursus – kursus bahasa asing sampai dengan periode kedua (September – Desember 2017) telah mengakomodir lebih dari 700 mahasiswa dan 100 staf Fakultas di lingkup Unpatti. Bahasa asing yang dipelajari harus didukung dengan berbagai kegiatan menarik seperti pentas seni dan lagu, untuk menarik minat peserta, selain untuk memperkenalkan budaya Negara yang bahasanya dipelajari. Berdasarkan beberapa alasan ini, maka sebagai bagian dari pelaksanaan program kursus bahasa – bahasa asing dimaksud, diselenggarakanlah kegiatan “Unpatti’s Lingua Culture and Education EXPO”.


Kegiatan ini juga berorientasi pada sosialisasi studi di luar negeri dan budaya, konsultasi beasiswa studi di luar negeri, pemberian kursus bahasa asing sehari dan simulasi tes IELTS, TOEFL, A1 dan A2 bahasa Jerman serta pertunjukan seni oleh peserta kursus bahasa asing. Kegiatan ini   bertujuan untuk memperkenalkan bahasa dan sistem pendidikan negara-negara lain, memperluas pengetahuan dan membangun jaringan internasional melalui informasi beasiswa karena Universitas Pattimura telah menjalankan proyek kerja sama dengan beberapa universitas / institusi di luar negeri. Kegiatan ini diharapkan meningkatkan kesadaran peserta tentang pentingnya keterampilan berbahasa di era globalisasi, dan memotivasi para peserta untuk belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa asing serta mempersiapkan mereka untuk belajar di luar negeri. Selain itu kegiatan ini dapat menjadi kesempatan bagi peserta untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang beasiswa dan mempersiapkan mereka untuk belajar di luar negeri.


DOKUMENTASI EXPO 2017

Gallery Plugin

DOKUMENTASI EXPO 2018

Gallery Plugin

DOKUMENTASI EXPO 2019

Gallery Plugin

DOKUMENTASI EXPO 2020

The 4th Unpatti Lingua, Culture and Education EXPO 2020