Thursday, May 30, 2024

Divisi Asian Language

Divisi Asian Language

Kepala Divisi: Dr. Romilda da Costa, S.S., M.Hum

Berdasarkan hasil evaluasi kursus pada Tahun 2020, maka pada Tahun 2021 Divisi Layanan kursus dibagi menjadi 2 Divisi yaitu : Divisi Western Language dan Divisi Asian Language. Divisi Asian Language di kepalai oleh Dr. Romilda da Costa, S.S., M.Hum. yang bertanggung jawab terhadap kursus bahasa Mandarin, Jepang, Korea dan BIPA.

Meliputi :

[1]. BIPA

BIPA adalah program pembelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan di luar negeri dan juga di Indonesia untuk orang asing.
Pentingnya BIPA ini juga menjadi perhatian Universitas Pattimura sebagai perguruan tinggi negeri terbesar di Provinsi Maluku. Dengan Pusat Studi Bahasa sebagai ujung tombaknya, Unpatti merasa perlu untuk membentuk program pembelajaran bahasa Indonesia untuk orang asing secara formal dan institutif. Hal tersebut diwujudkan melalui upaya menjalin kemitraan dengan Badan Bahasa, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Bali, dan Fakultas Sastra Universitas Udayana, dengan mengutus beberapa orang untuk mengikuti pelatihan dan melaksanakan studi banding ke instansi-instansi tersebut, sejak tahun 2013.

[2]. Bahasa Mandarin

[3]. Bahasa Korea

[4]. Bahasa Jepang