Sunday, July 14, 2024

Layanan Kursus Bahasa Asing

Kursus bahasa asing yang dilaksanakan Universitas Pattimura (Unpatti) sejak bulan Maret Tahun 2017 oleh Pusat Studi Bahasa secara gratis bagi civitas akademika Unpatti. Bahasa Spanyol baru dimulai pada Oktober 2017. Pelaksanaan kursus – kursus bahasa asing sampai dengan periode kedua (September – Desember 2017) telah mengakomodir lebih dari 700 mahasiswa dan 100 staff Fakultas di lingkup Unpatti.

Namun Pada Tahun 2018 kursus bahasa asing (bahasa Inggris, bahasa Jerman dan bahasa Rusia) telah dikenakan biaya Rp. 300.00,- /paket (3 bulan) bagi Civitas Academica Unpatti dan Rp. 450.000,- / paket (3 bulan) bagi masyarakat umum. Sedangkan kursus bahasa Belanda, bahasa Spanyol dan bahasa Mandarin tidak berbayar (GRATIS).

Bahasa Inggris : General English, TOEFL Preparataion dan IELTS Preparation

Bahasa Jerman : Pemula dan lanjutan

Bahasa Rusia : Pemula

Bahasa Mandarin : Pemula dan lanjutan (Kerjasama dengan Pust Bahasa Mandarin, Univesitas Al Azhar Jakarta)

Bahasa Spanyol : Pemula dan lanjutan

Bahasa Belanda : Pemula

 

Pengajar : Penutur asing dari masing – masing bahasa asing dan juga dosen bahasa asing dari Unpatti.

Selain kursus-kursus yang diselenggarakan, Pusat Studi Bahasa juga membuat program Pengabdian Masyarakat berupa pengenalan bahasa asing ke Sekolah – Sekolah SMA/SMK di Kota Ambon.

Dikarenakan pandemi covid-19 yang terjadi pada tahun 2020, seluruh kegiatan kursus yang ada di Pusat Studi Bahasa unpatti dilaksanakan secara daring melalui aplikasi ZOOM. Kursus yang dilaksanakan oleh Pusat Studi Bahasa Unpatti bekerja sama dengan Bahasa Basudara, Pusat Bahasa Mandarin Universitas Al Azhar Jakarta serta alumni BIPA dari Jepang melaksanakan kursus bagi civitas Unpatti, siswa/i SD/SMP/SMA dan masyarakat umum secara gratis.

Peserta juga diberikan sertifikat kursus dengan kehadiran 80% atau maksimal 3x tidak mengikuti kursus.

 

Dokumentasi-Dokumentasi Kursus Bahasa Asing.

Kursus Bahasa Asing Tahun 2017:

Bahasa Jerman:

Bahasa Mandarin

Bahasa Rusia

Bahasa Spanyol

 

Kursus Bahasa Asing Tahun 2018:

Periode                        : Mei – Desember 2018

Dilaporkan pada          : Desember 2018

Kegiatan kursus bahasa asing yang dilakukan Pusat Studi Bahasa terdiri dari 6 bahasa asing yakni bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Mandarin, bahasa Belanda, bahasa Rusia dan bahasa Spanyol. Pengajar kursus merupakan native speaker, dosen Unpatti dan ahli bahasa asing tertentu. Peserta kursus terdiri dari civitas Unpatti dan masyarakat umum (peminat bahasa). Proses pelaksanaan kursus dimulai dengan melakukan sosialisasi selanjutnya membuka pendaftaran yang ditujukan bagi civitas akademika Unpatti dan masyarakat umum. Sebelum kursus dimulai, pengajar melakukan pertemuan awal dengan peserta terdaftar.

Kursus berlangsung di Pusat Studi Bahasa untuk bahasa Inggris, Jerman, Belanda dan Spanyol. Sedangkan untuk bahasa Mandarin berlangsung di Mandarin Corner dan bahasa Rusia berlangsung di Russian Corner.

A. Bahasa Inggris

Pelaksanaan kursus Bahasa Inggris dilaksanakan bagi dosen, pegawai dan mahasiswa dalam lingkungan Universitas Pattimura dengan jenis kursus sebagai berikut:

IELTS Preparation

Dilaksanakan bagi dosen Unpatti. Untuk periode Februari s.d. April  diselenggarakan atas kerja sama antara Unpatti dengan PT Shell Indonesia, dengan jadwal 4x seminggu dan durasi waktu 2 jam/ pertemuan, sehingga  total sebanyak 100 JP. Pengajar yang dihadirkan adalah dari English Today. Pada akhir kelas ini, dilakukan tes dan masing-masing peserta memperoleh sertifikat dari  English Today.

Untuk kelas selanjutnya diajarkan oleh  Dr. Etty. M Hoesein, M.Ls., dan Ir. Irma Kesaulya, M.Sc.,Ph.D , dilaksanakan  dua kali seminggu dengan durasi waktu 2 jam/ pertemuan, total pertemuan sebanyak 40 jam. Jumlah peserta yang mengikuti tes adalah 22 orang dan jumlah kelasnya 1 kelas.

TOEFL Preparation

Kursus TOEFL Preparation dilaksanakan bagi civitas Unpatti dan umum. Kursus ini dilaksanakan 2x seminggu dengan durasi waktu 2 Jam/  pertemuan. Jumlah kelas adalah 2 kelas. Jumlah peserta yang mengikuti kelas ini adalah 12 orang untuk kelas A dan 15 orang untuk kelas B. Total JP untuk kelas ini adalah 40 JP untuk masing – masing kelas.

General English

Kursus Bahasa Inggris umum ditujukan bagi mahasiswa dalam lingkungan Unpatti dan umum. Jumlah kelas bagi kursus ini adalah 2 kelas dengan jumlah peserta adalah 12 orang untuk kelas A dan 23  orang untuk kelas B. Jumlah pertemuan dalam 1 minggu untuk kelas ini adalah 2 kali seminggu, dan total pertemuan adalah sebanyak 36 JP untuk masing-masing kelas. Mahasiswa peserta kursus kelas reguler semester 1 kebanyakan berasal dari Fakultas Teknik Unpatti.

Business Comunication Class

Merupakan kelas kursus yang diberikan oleh dari English Today kepada staff Pusat Studi Bahasa selam 1 bulan , yakni dari Maret sampai April. Adapun jumlah pertemuan sebanyak 24 JP. Pada akhir kelas ini, dilakukan tes dan masing-masing peserta memperoleh sertifikat dari  English Today.

B. Bahasa Jerman

Pada periode Maret – September tercatat ada 23 calon peserta kursus yang terdaftar. Selanjutnya kelas kursus dibagi menjadi 3 kelas, yakni kelas lanjutan yang terdiri dari 1 kelas (Kelas A), dan 2 kelas pemula (B dan C).

Periode Maret – September

Pada periode Oktober – Desember  tercatat ada 25 calon peserta kursus yang terdaftar. Selanjutnya kelas kursus dibagi menjadi 2 kelas, Kelas A dan Kelas B, dengan jumlah yang aktif  17 peserta.

Periode Oktober – Desember:

Setelah kelas berjalan, banyak peserta kursus tidak hadir atau tidak lanjut mengikuti kursus, karena kesibukan sehingga sampai dengan akhir kursus hanya beberapa orang dari kelas masing – masing kelas yang aktif.

C.Bahasa Mandarin

Sesuai daftar registrasi ada 34 calon peserta kursus yang terdaftar. Selanjutnya kelas kursus dibagi menjadi 2 kelas, yakni Kelas A dengan jumlah peserta 18 orang  dan kelas B berjumlah 16 orang.

Periode Juli – September :

Untuk periode Oktober – Desember terdapat  30 calon peserta kursus yang terdaftar. Selanjutnya kelas kursus dibagi menjadi 2 kelas, yakni Kelas A dengan jumlah peserta 17 orang  dan kelas B berjumlah 13 orang.

Periode Oktober – Desember :

Untuk kelas budaya, para pengajar memberikan praktek tentang budaya Tiongkok antara lain Paper Cutting, Painting dan Kungfu . Kelas kursus akan berakhir pada 28 September 2018.

Keberadaan pengajar bahasa Mandarin dirasakan memberi dampak positif, selain bagi peserta kursus, tetapi juga untuk staf di Pusat Bahasa, antara lain:

  1. Staf dapat mengenal budaya China
  2. Mencoba Berkomunikasi dalam bahasa Inggris

D. Bahasa Rusia

Sesuai daftar registrasi ada 20 calon peserta kursus yang terdaftar. Selanjutnya kelas kursus dibagi menjadi 2 kelas, yakni kelas lanjutan yang terdiri dari 1 kelas lanjutan (Kelas A ), dan 1 kelas pemula (B).

E. Bahasa Belanda

Sesuai daftar registrasi ada 13 calon peserta kursus yang terdaftar, sehingga hanya ada 1 kelas.

F. Bahasa Spanyol

Terdapat 2 kelas pada kursus bahasa Spanyol yakni kelas A yang merupakan staf Pusat Studi Bahasa dan kelas B yang merupakan kelas pemula. Untuk kelas pemula terdapat 22 peserta.

Pengajar bahasa Spanyol atas nama Jessica Viviana Ortiez memiliki batas KITAS dan belum selesai diproses untuk ijin Dikti, maka yang bersangkutan harus menigngalkan Indonesia sehingga kursus terhenti.

Pada pertengahan November kursus dilanjutkan dengan pengajar baru atas nama Claudia Rodriguez.

 

Kursus Bahasa Asing Tahun 2019:

1. General English, William J. Saptenno, S.Pd. (Honorer/Alumni Mahasiswa bahasa Inggris Unpatti)

2. TOEFL Preparation Class

3. IELTS Preparation Class, Etty M. Hoesein, MLS (Purna Bakti) dan Hellien Loppies (Dosen Bahasa Inggris)

KURSUS BAHASA JERMAN TAHUN 2019

PERIODE 1

  • Kelas A (A1), Pengajar June C. Noya van Delzen, S.Pd., M.Pd.
  • Kelas B (A2), Pengajar Dr. K. Karuna, M.Pd.

PERIODE 2

Kelas A (A2). Pengajar June C. Noya van Delzen, S.Pd., M.Pd.

Kelas B (A1). Pengajar Eldaa C. Wenno, S.Pd., M.Pd

KURSUS BAHASA MANDARIN TAHUN 2019

  • Kelas A (basic Mandarin)
  • Kelas B (kelas HSK 3)
  • Culture Class
  • Basic Mandarin (Staf PSB)

KURSUS BAHASA SPANYOL TAHUN 2019

Pengajar : Claudia J. Mendoza dari Colombia

LAYANAN BAHASA ASING DI SEKOLAH

Terdapat banyak lembaga bahasa yang menyediakan layanan kursus bahasa asing, salah satunya adalah Pusat Studi Bahasa Universitas Pattimura Ambon (PSB Unpatti) yang memiliki enam (6) kursus bahasa asing yakni bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Mandarin, bahasa Spanyol, bahasa Rusia dan bahasa Belanda. Ketersediaan layanan kursus di PSB Unpatti perlu diketahui oleh masyarakat umum untuk menarik minat belajar bahasa asing di samping banyaknya kegiatan akademik penting yang dilakukan di PSB Unpatti. Hal ini tentunya memberikan dampak positif untuk pengembangan Universitas Pattimura.

Berdasarakan hal tersebut maka PSB Unpatti melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Layanan Bahasa Asing di Sekolah dengan menghadirkan pengajar bahasa Jerman, bahasa Spanyol dan bahasa Mandarin untuk mengajar serta memberikan motivasi bagi para siswa – siswi agar lebih tertarik mempelajari bahasa asing.

1.SMK Negeri 4 Ambon, tanggal 27 November 2019. diikuti oleh 85 siswa – siswi yang terbagi menjadi 2 kelas dan 2 sesi. Sesi yang pertama siswa mendapatkan kursus singkat basic German session 1 oleh Ode Fanti, S.Pd dan basic Mandarin oleh Li Tianyao . Sesi kedua dilanjutkan setelah istirahat makan siang dengan kelas basic German session 2 oleh Ellia Wamese, S.Pd dan kelas Cutting Paper & Painting oleh Yuan Xiaoyu dari Pusat Bahasa Mandarin Universitas Al Azhar Jakarta.

Pembukaan

Kelas Basic German

Kelas Cutting Paper & Painting

Kelas Basic Mandarin

2. SMA Negeri 7 Ambon, tanggal 9 Desember 2019. Diikuti oleh siswa – siswi dan guru sebanyak 85 orang. Kelas dibagi menjadi 3 kelas dengan 2 sesi. Sesi yang pertama siswa dan guru mendapatkan kursus singkat basic German oleh June C. Noya van Delzen, S.Pd., M.Pd, basic Mandarin oleh Li Tianyao dan basic Spanish oleh Claudia Janneth Mendoza. Pada sesi kedua siswa-siswa dan guru diberikan kursus singkat basic German oleh Eldaa C. Wenno, S.Pd., M.Pd, basic Spanish oleh Claudia Janneth Mendoza dan Cutting Paper & Painting oleh Yuan Xiaoyu. Istirahat makan siang disisipkan pada sesi kedua setelah 1 jam kursus dan praktik Cutting Paper & Painting Selanjutnya, pada sesi ketiga pengajar menuliskan prasasti kesan terhadap sekolah sekaligus berdiskusi dengan kepala sekolah mengenai peluang kerjasama dengan Pusat Studi Bahasa pada program yang sama di tahun mendatang.

Kelas Basic Mandarin

Kelas Basic Spanish

Kelas Basic German

Kelas Cutting Paper & Painting

3.SMK Negeri 5 Ambon, tanggal 11 Desember 2019. Diikuti oleh siswa – siswi dan guru sebanyak 85 orang. Kelas dibagi menjadi 3 kelas dengan 2 sesi. Sesi yang pertama siswa dan guru mendapatkan kursus singkat basic German oleh June C. Noya van Delzen, S.Pd., M.Pd, basic Mandarin oleh Li Tianyao dan basic Spanish oleh Claudia Janneth Mendoza. Pada sesi kedua diberikan kursus singkat basic German Eldaa C. Wenno, S.Pd., M.Pd, basic Spanish oleh Claudia Janneth Mendoza dan Cutting Paper & Painting oleh Yuan Xiaoyu.

Kelas Basic Spanish

Kelas Basic Mandarin

Kelas Basic German

Kelas Cutting Paper & Painting

Kursus Bahasa Asing Tahun 2020

  1. Bahasa Jeman, Periode Januari – Maret 2020 (Intensive Course, 3x seminggu. Persiapan untuk tes sertifikasi A2 dari Goethe Institute Jakarta)

Pengajar : June C. Noya van Delzen, S.Pd., M.Pd. dan Eldaa C. Wenno, S.Pd., M.Pd.

Peserta : Mahasiswa Program Studi Pend. Bahasa Jerman, Umum dan Civitas Akademika Unpatti.

Kelas Intensive persiapan tes sertifikasi A2 dari Goethe Institute Jakarta di Pusat Studi Bahasa Unpatti. Tes tertunda dikarenakan pandemi covid-19 yang terjadi di seluruh Dunia khususnya di Maluku. Jadwal kursus seminggu 3x (Senin, Rabu dan Jumat) sesuai dengan kesepakatan pengajar dan peserta kursus. Biaya kursus intensive sebesar Rp. 150.000,- /peserta. Hal ini dikarenakan peserta kursus intensive merupakan peserta yang telah mengikuti kursus di PSB sebelumnya (periode 2, tahun 2019) dan dipersiapkan untuk mengikuti Sertifikasi Tes dari Goethe Institute Jakarta. Dikarenakan pandemi tes tidak dapat dilaksanakan.

2. Kursus Online Kerjasama Bahasa Basudara

Tutor merupakan volunteer dari Bahasa Basudara sehingga peserta tidak harus membayar biaya kursus (gratis). Tutor dari Luar Negeri : Inggris, Belanda, Australia, LA, dll. Kursus dilaksanakan secara daring melalui aplikasi ZOOM. Jadwal kursus disepakati bersama Tutor dan peserta kursus. Kursus dimulai sejak bulan Mei – Desember 2020 dan dibagi menjadi 2 periode. Periode 1, bulan Mei – Agustus 2020, sebanyak 22 kelas (Bahasa Inggris dan bahasa Jerman)  dengan jumlah peserta sebanyak 155 orang (khusus untuk kelas IELTS Preparation kerjasama dengan PEMKOT Kota Ambon dibagi 2 kelas dan mendapatkan 2 tutor untuk masing – masing kelas dengan jadwal 2x seminggu) dan periode 2, bulan September – Desember 2020, sebanyak 15 kelas (bahasa Inggris : 3 kelas Beginner (SD, SMP/SMA dan Mahasiswa), 3 kelas Pre-Intermediate (SMA dan Mahasiswa), 5 kelas Intermediate (Mahasiswa, Civitas Akademika Unpatti dan Umum) dan 1 kelas IELTS Preparation bagi Dosen Unpatti. Bahasa Jerman : 2 kelas Pre-Intermediate dan 1 kelas Beginner  bahasa Belanda bagi peserta umum).

  • Brenda Hukom – Belanda (Bahasa Inggris)
  • Aodhan Creegan – London (IELTS Preparation – Dosen Unpatti)
  • Amanda Jhonston – London (Kelas Dosen Unpatti)
  • Nathalie Hallatu – Latuny – Belanda (Kelas SMP/SMA)
  • Jeff Malaihollo – London (Bahasa Inggris untuk peserta umum)
  • Gloria Manuputty – Ambon (SD)
  • Nataly Sopacuaperu – London (SMP/SMA)
  • Susanne Muskita – London (German Class)
  • Lisa Fofid – Australia (IELTS Preparation PEMKOT Ambon)
  • Welna Noya – London (Mahasiswa)
  • Sonja McFarlane – Australia (Mahasiswa)
  • Melati Muskita – Australia (IELTS Preparation PEMKOT Ambon)
  • Etty M. Hoesein – Ambon (IELTS Preparation PEMKOT Ambon)
  • Aodhan Creegan – London (IELTS Preparation PEMKOT Ambon)
  • Harmut Korsitzky – Jerman (German Class)
  • Welna Noya – London (Kelas Alumni Unpatti)
  • Marthin Nanere – Australia (TOEFL Preparation Class)
  • David Jackson – London
  • Emely Brennan – London
  • David Jackson – London
  • Richard Lalihatu – Belanda

Pembukaan Kursus Periode 2

  • Ruben Manusama – Belanda (Intermediate Class)
  • Renny Diana Feather – Pattisina – Inggris (Beginner Class SMP/SMA)
  • Amanda Johnston – Inggris (Intermediate Class – Dosen Unpatti)
  • Nataly Sopacuaperu – Inggris (Pre-Intermediate Class)
  • Jeff Malaihollo – Inggris (Beginner Class)
  • Welna Noya – Inggris (Pre-Intermediate Class – Mahasiswa)
  • Welna Noya – Inggris (Intermediate Class)
  • Emely Brennan – Inggris (Intermediate Class)
  • Chacha Wattimena – LA (Beginner Class – SD)
  • Susanne Muskita – Inggris (IELTS Preparation Class – Dosen Unpatti)
  • David Jackson – Inggris (Intermediate Class)
  • Evert Solisa – Belanda (Dutch Class, Beginner)
  • Richard de Fretes – Belanda (Geman Class, Pre-Intermediate
  • Susanne Muskita – Inggris (German Class, Pre-Intermediate)

3. Kursus Bahasa Mandarin Online

Periode September – Desember 2020 (gratis)

Pengajar Li Zijia dari Pusat Bahasa Mandarin, Universitas Al Azhar Jakarta

4. Kursus Bahasa Jepang Online

Periode September – Desember 2020. Pengajar native Speaker dari Jepang Kyoko Yamada, merupakan Alumni mahasiswa BIPA Tahun 2017 PSB – Unpatti.

5. Kursus Bahasa Inggris Online Untuk Siswa SD

Periode Juli – September 2020. Diberikan oleh Jeny Lekatompessy, M.TESOL. Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pend. Bahasa Inggris Unpatti sekaligus Sekretaris PSB.

6. Programm Pilot Project Englsih Goes to Faculty Unpatti

A. Fakultas Teknik

Pengajar : Wilma Latuny, P.hD

Edgar J. de Lima, MT.

Evert Solisa – Bahasa Basudara

Jonathan Lassa – Charles Darwin University – Australia

B. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Pengajar : Antasari Bandjar, S.S., M.I.Kom.

Jurnie Darakay, S.Pd., M.Pd.

Emilyn Orlaen, Khon Kaen University – Thailand

7. Pengabdian Masyarakat

Kerjasama dengan Remaja Masjid dan Klasis GPM Kota Ambon.

Pembukaan Program Pengabdian Masyarakat

Pengajar: Jeny Lekatompessy, M.TESOL. Dosen Bahasa Inggris FKIP – Unpatti

Salmon James Hukom, M.Pd. Dosen Bahasa Inggris FKIP- Unpatti

Patrick E. Tuasela, S.Pd., M.Pd. Dosen Honorer Bahasa Inggris FKIP-Unpatti