Thursday, May 30, 2024

Toefl Prediction

Latar Belakang

Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang dipakai dalam berbagai bidang, mulai dari ekonomi, politik, bisnis, hingga teknologi. Walaupun banyak yang telah mempelajari Bahasa Inggris tetapi untuk mengukur sejahu mana kemampuan mereka dalam menggunakan bahasa tersebut masih kurang, diperlukan tes yang yang tepat dan akurat untuk mengukur apakah seseorang telah mahir atau belum.Ada berbagai macam jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris salah satunya adalah TOEFL .

TOEFL singkatan dari Test of  English  Foreign  Language merupakan hal yang penting bagi seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ataupun melamar  pekerjaan dan mendaftar sekolah keluar negeri. Ada beberapa jenis tes TOEFL antara lain:  PBT (Paper Based Test),CBT (Computer Based TestIBT (Internet Based Test), dan juga ETA(English Test for Academic) atau yang lebih dikenal dengan TOEFL Prediction atau TOEFL like test . Melihat peran Tes TOEFL yang begitu penting dan menindaklanjuti kebijakan Rektor Universitas Pattimura, tentang civitas akademika yang lulus dari Unpatti harus memiliki sertifikat TOEFL maka Pusat Studi Bahasa menyelenggarakan Tes TOEFL Prediction bagi kalangan Civitas Unpatti dan juga masyarakat Umum.

Tujuan dan Manfaat Penyelenggaraan Tes TOEFL Prediction

Pelaksanaan Tes TOEFL Prediction diharapkan dapat :

  1. Membantu civitas akademika Unpatti dalam proses ujian sarjana dan tesis
  2. Mengukur kemampuan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam proses pendidikan
  3. Mempersiapkan civitas akademika Unpatti dan juga masyarakat umum untuk mengikuti real test.
  4. Menfasilitasi pengguna sertifikat Toefl untuk berbagai kebutuhan: melamar studi lanjut, dan kelengakapan admintrasi studi maupun pekerjaan

Sasaran

Sasaran pelaksanaan tes TOEFL Prediction:

  1. Mahasiswa S1
  2. Mahasiswa S2, S3
  3. masyarakat umum.

 

Deskripsi Kegiatan

Pelaksanaan tes berjalan dengan baik dari 15 Januari s.d 20 Maret. Waktu pelaksanaan tes yakni rabu dan jumat pukul 10.00 – 12.00 WIT di Pusat Studi Bahasa (ruang Ambon dan Aru) menyesuaikan jumlah peserta tes yang mendaftar. Dengan adanya pandemi Covid-19 tes Toefl  pada Maret hanya berlangsung sampai tanggal 20, dan untuk menghindari penyebaran pandemi Covid-19 semakin meluas,maka tes Toefl April s.d Mey ditiadakan.

  • Toefl Prediction Online

Sehubungan dengan pandemi Covid-19  Pusat Studi Bahasa tidak dapat melaksanakan kegiatan  tes TOEFL Prediction secara luring (offline) sehingga tes dilakukan secara daring (Online). Setelah melalui beberapa kali uji coba maka untuk pertama kalinya pada  Rabu, 27 Mei 2020 tes TOEFL Prediction secara online pertama kali dilaksanakan, melalui aplikasi Zoom sesuai waktu yang telah ditetapkan  (Rabu dan Jumat, pukul 10.00-12.00 WIT). Peserta mendaftarkan diri sebelumnya melalui email dengan memasukan data diri beserta KTM (untuk mahasiswa) dan KTP (untuk umum) beserta foto bukti pembayaran.

  • Toefl prediction Offline

Dengan mempertimbangkan proses kegiatan Akademik 75% online, dan 25% offline, serta  rencana kuliah offline pada semester berikut, maka Pusat Studi Bahasa harus beradaptasi dengan kegiatan offline terutama pelaksanaan  kegiatan Tes Toefl Prediction. Hal ini dilakukan karena Tes Toefl Prediction yang dijalankan secara online ditengah pandemi, memiliki kelemahan dalam proses penyelenggaraannya. Beberapa peserta yang mengikuti tes untuk kebutuhan khusus dalam hal melamar pekerjaan, atau promosi jabatan, maupun peserta pasca sarjana yang tidak memenuhi standar nilai maksimum, harus melakukan remedial namun peserta yang melakukan remedial terdapat kemungkinan menyontek dengan menggunakan tangkapan layar soal pada hari sebelumnya sehingga dapat membuat kualitas tes menjadi berkurang.

Berdasarkan hal tersebut, Pusat Studi Bahasa mengambil kebijakan untuk melaksanakan Tes Toefl Offline dengan memperhatikan protokol kesehatan (pakai masker, cuci tangan, cek suhu tubuh dan jaga jarak). Pada tanggal 09 April 2021, untuk pertama kalinya Pusat Studi Bahasa menyelenggarakan Tes Toefl Prediction secara Offline (Luring).

 

Dokumentasi tes Toefl Online dan Offline yang telah dilaksanakan dalam tahun ini:

  1. Dokumentasi Tes Toefl Prediction secara Online:

PELAKSANAAN TES TOEFL ONLINE BULAN JANUARI DILAKSANAKAN SEMBILAN KALI DENGAN JUMLAH PESERTA 296 ORANG.

Gallery Plugin

PELAKSANAAN TES TOEFL ONLINE BULAN FEBRUARI  DILAKSANAKAN DUA BELAS KALI DENGAN JUMLAH PESERTA 461 ORANG.

Gallery Plugin

PELAKSANAAN TES TOEFL ONLINE BULAN MARET  DILAKSANAKAN SEBELAS KALI DENGAN JUMLAH PESERTA 330 ORANG.

Gallery Plugin

2. Dokumentasi Tes Toefl Prediction secara Offline:

Gallery Plugin